Me, Myself And I‏

I Gede Ardi Pratama

Medical Student FK UWKS 08A

young, motivated, passionate and pursuing the dreams in life ☺

Gejala Kanker Pankreas

Berita yang cukup mengejutkan kita dengar pada pagi 6 Oktober 2011. Steve Jobs tokoh pelopor pembuatan iPod, iPad, dan iPhone, meninggal dunia di usia 56 tahun, usia yang masih relatif muda bagi pebisnis sekaliber beliau. Steve Jobs meninggal dunia akibat kanker pankreas seperti halnya Ralph Steinman peraih nobel bidang kedokteran.

Ternyata penyakit kanker pankreas merupakan jenis kanker yang jarang  namun cukup berbahaya dan tergolong ganas, karena kanker ini baru bisa terdeteksi ketika sudah berada pada stadium lanjut.  Kira-kira 37,000 laki-laki dan perempuan di AS didiagnosis mengalami tumor kanker pankreas pada tahun 2006. Diperkirakan bahwa dalam 2010 lebih dari 43,000 orang di negara-negara Amerika telah didiagnosa dengan penyakit ini. Kanker pankreas beresiko yang sama pada pria dan wanita, meskipun sedikit lebih umum pada wanita dibandingkan pria. Bahaya akan timbul saat kita beranjak tua, dan juga biasanya secara klinis didiagnosis setelah usia empat puluh lima.

 

Gejala Kanker Pankreas Menurut Lokasi

Pada awalnya, tumor pankreas biasanya tersembunyi dan tidak menimbulkan rasa sakit saat semakin besar. Awal deteksi kanker pankreas relatif keras, karena tanda-tanda tidak begitu jelas .

 

Gejala Kanker Pankreas – Penyakit kuning:

adalah salah satu gejala yang paling khas dari kanker pankreas pada awal pankreas (juga disebut kepala pancreases). Lebih dari lima puluh persen pasien memiliki penyakit kuning ketika mereka pada awalnya mengunjungi dokter. Penyakit menguningnya kulit dan putih mata, urin lebih gelap dari biasanya dan gerakan usus bisa lebih ringan. Kemudian ada juga gejala kanker pankreas seperti penurunan berat badan yang signifikan (pasien kehilangan setidaknya 10% massa tubuh total sendiri tanpa alasan yang jelas), dan tinja berminyak , yang tidak selalu disertai dengan sakit perut.

Gejala Kanker Pankreas – Sakit perut:

Jika seseorang tiba-tiba kehilangan berat badan, ini sering menunjukkan kanker pankreas, yang dikembangkan di daerah tengah atau akhir dari pancreas. Gejala kanker pankreas, dikembangkan di kepala pankreas, biasanya mengungkapkan lebih awal dari tanda-tanda tumor, yang berkembang di bagian lain dari pankreas.

Gastrointestinal Gejala Kanker Pankreas

Seperti kanker pankreas menyebar di sekitar organ penting di dalam perut, tanda-tanda dan gejala kanker pankreas mengenai perut dan usus biasanya lebih mendominasi:

1.    Sakit perut. Sekitar tujuh dari sepuluh orang (sumber lain melaporkan sebenarnya di lebih dari delapan kesepuluh individu) menderita kanker pankreas, cepat atau lambat mengalami sakit tertentu perut karena tumor meningkat, dan sehingga mereka memutuskan untuk berkunjung ke dokter mereka. Di perut bagian atas, timbul rasa sakit yang disebabkan oleh kanker pankreas, kadang-kadang dapat terjadi. Orang digambarkan sebagai rasa sakit di dalam perut bagian atas, dan nyeri dapat menyebar ke bagian belakang. Rasa sakit lebih buruk ketika Anda berbaring. Ini bisa lebih buruk segera setelah makan.

2.    Lemak berlebihan dalam tinja (steatorrhea)merupakan salah satu umum gejala kanker pankreas. Dengan proliferasi kanker, pankreas mengurangi kemampuan untuk menciptakan enzim yang memecah asupan lemak. Jumlah lemak dalam kotoran manusia meningkat secara signifikan.

3.    Ketika kanker pankreas tumbuh mulai tekanan pada saluran pembuangan empedu, lain gejala kanker pankreas muncul: tinja biasanya kehilangan warna coklat mereka dan menjadi tanah liat berwarna atau pucat. Urine dapat berwarna gelap.

4.    Kembung – suatu kondisi dimana perut (perut) terasa penuh dan ketat. Perut mungkin terlihat bengkak.

5.    Mual – sensasi kegelisahan dan ketidaknyamanan di perut bagian atas dengan dorongan spontan untuk muntah.

6.    Diare

 

Whole-Body Gejala Kanker Pankreas

·     Kadar gula meningkat dalam tubuh adalah salah satu gejala yang paling umum kanker pankreas. Banyak pasien dengan kanker pankreas, juga didiagnosa untuk diabetes. Kanker tidak mengurangi kemampuan pankreas untuk menghasilkan insulin. (Di sisi lain, mayoritas individu, dengan diagnosa terakhir diabetes, tidak memiliki melanoma pankreas.) Beberapa individu diidentifikasi memiliki kanker pankreas ditemukan gejala diabetes. Beberapa telah didiagnosa dengan diabetes dalam sebelumnya 12 bulan. Jika Anda memiliki masalah diabetes Anda tidak memproduksi insulin cukup dalam darah. Oleh karena itu ada gula berlebihan dalam aliran darah Anda. gula tersebut dipindahkan dari tubuh manusia di dalam air seni dan membutuhkan banyak air dengan itu. Hal ini akan menyebabkan haus, banyak lewat air seni, kelemahan, berat badan dan kelaparan.

·      Berat badan mengalami pengurangan, sebagaimana disebutkan sebelumnya, ada juga pengurangan berat badan cukup (pasien drop tidak kurang dari 10% dari berat badan ). Penurunan berat badan adalah khas untuk hampir semua jenis sel kanker. Kankerbersaing dengan jaringan sehat untuk nutrisi. Selanjutnya, kanker pankreas biasanya menghambat pencernaan yang selanjutnya menyebabkan penurunan berat badan.

·     Malaise adalah suatu sensasi ketidaknyamanan umum atau rasa gelisah, menjadi “keluar dari jenis”, sering tanda awal infeksi atau penyakit lain. Malaise sering dijelaskan dalam penelitian medis sebagai “keseluruhan perasaan yang tidak baik”

·     Demam dan menggigil: Anda mungkin memiliki suhu setiap sekarang dan kemudian karena Anda memiliki penyakit kuning atau pankreas diperbesar. Setelah suhu Anda terangkat Anda bisa merasakan dingin dan gemetar.

 

 

Gejala Dari Kanker Pankreas Langka

Neuroendokrin tumor dapat tumbuh dari hormon sel  dalam pankreas.  Jika tumor ganas itu kanker. Dalam hal ini jinak yang bukan kanker. Sebuah sel tumor  menyebabkan mual, sangat sering muntah,  tanpa sebab yang jelas kehilangan berat badan dan sakit perut berulang. Kedua jenis tumor menghasilkan jumlah hormon yang lebih besar

sumber http://www.symptomsofpancreaticcancers.net/id/